7 Kalimat Anti Depresi Pada Anak

anak sedih.jpgTahukah anda, setiap hal yang kita ucapkan pada anak, ternyata melekat dalam ingatannya. Ini jadi bekal untuknya dalam berbuat dan bertindak. Kenyataannya, banyak anak yang mengalami depresi karena merasa “tidak dianggap”.

Orang tua adalah figur terpenting yang bisa membantu anak membangun rasa percaya dirinya,  sehingga anak tidak mudah galau,  tidak mudah menyerah menghadapi tantangan, dan tidak cepat depresi. Dan ternyata, ada 7 kalimat yang wajib untuk sering kita ucapkan jika tidak ingin anak mengalami depresi:

1. Bunda sayang kamu

Jangan malu untuk menunjukkan ekspresi cinta dan sayang kita terhadap anak. Ini akan mempersempit jarak antara kita dengannya. Tunjukkan betapa kita sangat menyayangi dan mencintainya, dan biarkan anak merasakan cinta dan kasih sayang kita.

2. Bunda bangga sama kamu

Kapan terakhir kali anak menunjukkan prestasinya? Prestasi sekecil apapun layak mendapat pengakuan dari kita. Sesimple ketika dia berhasil membereskan mainannya sendiri, atau ketika dia menghabiskan makanan di piringnya. Ini akan semakin menumbuhkan rasa percaya dirinya.

3. Maafin bunda ya

Setiap orang bisa salah, termasuk kita orang tua. Jangan malu atau gengsi untuk mengakui kesalahan. Si anak pun akan merasa dihargai.

4. Oke, bunda maafin kamu

Seperti poin 4, anak juga pasti pernah melakukan kesalahan. Berikan dia kesempatan untuk mengakui kesalahannya, dan berikan maaf padanya. Dengan demikian, dia tidak akan lebih jujur, dan mengakui kesalahannya.

5. Bunda mau dengar kamu…

Berikan kesempatan pada anak untuk berbicara, maka dia akan merasa dihargai. Dia tahu bahwa dia didengar. Saat anak berbicara, berikan perhatian penuh.

6. Ini tanggung jawab kamu. Jadi kamu harus…

Sedari dini, anak harus belajar mengambil tanggung jawab untuk hal-hal tertentu. Misalnya membereskan mainan setelah bermain, menghabiskan makanan yang sudah dia ambil, merapikan tempat tidur sendiri, dan bahkan tanggung jawab lain yang lebih besar.

7. Ayo.. kamu pasti bisa melakukannya.

Tumbuhkan rasa percaya diri anak. Yakinkan dia bahwa dia pasti bisa melakukan sesuatu hal.

 

Cek yuk Bunda, seberapa sering kita sudah mengucapkan kalimat-kalimat ini? Atau jangan-jangan belum pernah sama sekali. Mari kita dukung pembentukan karakter anak melalui perkataan kita, sehingga anak siap menghadapi tantangan hidup yang lebih besar.

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: