Jarang Konsumsi Serat Dari Buah dan Sayur? Ini Faktanya !

serat

Tubuh manusia bisa diibaratkan sebuah mesin yang membutuhkan perawatan berkala yang ideal. Dan perawatan yang ideal ini menghasilkan kesehatan. Dari tubuh yang sehat luar dan dalam, dapat memberikan energi bagi manusia untuk beraktivitas sehari-hari. Seperti bekerja, berolahraga, dan banyak kegiatan lain. Intinya, tanpa kesehatan, maka kita tidak akan bisa menikmati anugerah kehidupan ini. Anda setuju?

Apa yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan kesehatan? Banyak hal, dan salah satunya adalah menjaga pola makan yang sehat. Dalam berbagai zat dari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh, Serat merupakan hal penting yang tidak boleh terlupakan.

Sayangnya, tidak banyak orang yang begitu peduli untuk mengatur asupan serat setiap hari dalam menu makannya. Tapi, mungkin Anda bertanya, apa sebenarnya fungsi serat bagi tubuh? Yuk kita urut berikut ini :

  1. Menjaga Kesehatan Usus
  2. Menurunkan Kolesterol
  3. Mencegah Diabetes
  4. Melancarkan Buang Air Besar
  5. Menurunkan Berat Badan
  6. Mencegah Sakit Jantung
  7. Menurunkan Tekanan Darah

Ini adalah sebagian dari manfaat serat bagi kesehatan tubuh. Lalu bagaimana cara bekerjanya, sehingga serat mampu memberikan ketujuh manfaat di atas?

Serat merupakan unsur yang hanya terkandung dalam tanaman, seperti buah, sayuran, rumput laut, gandum, dan biji-bijian lainnya. Tidak seperti kandungan makanan pada umumnya, serat sangat berbeda. Serat tidak diserap dan juga tidak dicerna hancur oleh tubuh, melainkan ia dapat melewati sistem pencernaan dengan utuh. Serat tidak rusak oleh enzim di pencernaan seperti makanan lainnya.

Karena itu serat mampu mengangkut endapan berbahaya di pencernaan, seperti karsinogen (zat yang menyebabkan kanker), dan membuangnya keluar tubuh dalam bentuk BAB. Serat bila bercampur dengan air akan membentuk seperti gel (jelly) yang dapat membantu mendorong sisa makanan (endapan yang tidak berguna) keluar dari sistem tubuh. Inilah mengapa kolesterol yang menempel pada pembuluh darah atau juga kadar glukosa penyebab diabetes juga akhirnya menurun dan tentunya mengurangi resiko sakit jantung.

Tanpa serat yang cukup, maka kita bisa menderita sembelit, meningkatnya resiko kanker usus besar, dan beberapa resiko kesehatan seperti sudah disebutkan di atas. Serat menjaga sistem pencernaan kita bersih, seperti dibilas. Darah yang kotor yang mengalir ke seluruh tubuh, juga berasal dari makanan yang dikonsumsi melalui pencernaan. Karena itu jaga selalu makanan Anda.

Lalu apakah kita harus menyingkirkan menu makanan lainnya supaya konsumsi serat terpenuhi? Jawabannya adalah: Tidak. Karena kita bisa mengkombinasikan makanan lain dengan serat. Misalnya: Nasi.

Nasi putih? Benar. Campurkan bubuk agar-agar atau jellly ke dalam beras yang dimasak. Dan Anda pun akan mendapatkan nasi putih yang lezat, pulen, dan kaya serat pastinya. Serat agar-agar yang berasal dari rumput laut merupakan kandungan serat yang sangat tinggi dan baik sekali untuk tubuh. Oleh karena itu Agar-agar atau Jelly bisa menjadi solusi bagi para ibu yang sulit mengenalkan sayuran dan buah kepada anaknya.

 

Serat akan menurunkan Berat. Serat pula yang akan membuat pencernaan tidak Seret. Dan Serat akan membuat tubuh lebih Sehat.

 

Comments

  1. Ternyata serat sangat bagus untuk kesehatan. Kadang lupa makan serat, hal yang sepele tapi bermanfaat. Terimakasih infonya.

    Suka

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: