Sulit Mencari Nama Bayi? Baca ini!

nama bayi

Apalah arti sebuah nama? Demikian seorang sastrawan pernah mengungkapkan versi pemahamannya. Buat yang sepaham dengan konsep ini, pastinya akan tidak terlalu mempersoalkan asal nama dan makna dalam sebuah nama. Namun buat sebagian besar orang, ini tidak sepenuhnya benar. Karena ada jutaan orang di dunia ini yang memiliki nama dengan arti dan harapan khusus, yang tentunya diberikan oleh kedua orangtuanya. Nama adalah identitas, dan nama juga menjadi salah satu unsur yang turut berkontribusi dalam membangun kepribadian dan kepercayaan diri seseorang. Di dalam nama pula terkandung doa dan pengharapan orangtua. Anda setuju?

Sepasang orangtua tentunya punya semangat yang menggebu-gebu dalam mencari nama buat buah hatinya yang akan lahir ke dunia. Baik itu adalah anak pertama, atau anak yang berikutnya. Lalu dari manakah ide atau inspirasi untuk pemberian nama si kecil ini? Selain Anda, ada orang-orang terdekat yang siap dimintai pendapat. Orangtua Anda sendiri (calon kakek & neneknya), saudara kandung Anda (kakak maupun adik), kerabat, atau bahkan teman; akan dengan senang hati dan bersemangat memberikan puluhan nama indah yang bisa Anda tampung.

Nah, untuk memperkaya ide Anda secara pribadi sebagai orangtua si kecil, berikut ini akan kita kupas, sumber inspirasi nama yang bisa Anda peroleh:

  • Internet. Yup, benar sekali, Anda tidak usah jauh-jauh bertanya. Genggaman smartphone Anda akan dengan cepat memberikan akses pada ratusan website yang menampung ribuan nama inspiratif. Tinggal tentukan saja. Apakah mau yang bernuansa religius, nama tokoh bersejarah, nama artis, nama berakar budaya tertentu, bahkan nama modern yang penuh modifikasi, dan sebagainya. Search engine yang super jenius ini akan mampu mendeteksi uraian kata kunci yang Anda hendak cari.
  • Buku-buku. Buat Anda yang gemar hunting di toko buku, nah pastinya sudah tahu persis di mana rak dengan tema Nama Bayi, kan? Nikmati waktu Anda hunting bersama pasangan. Para pengarang atau penyusun buku-buku ini sudah dengan idealnya menyusun nama berdasarkan kategori tertentu, yang akan memudahkan Anda menseleksi nama pilihan tersebut.
  • Kitab Suci. Nama religius bisa dengan Anda telusuri dengan akurat di sini. Namun jika Anda masih bingung, maka bisa mengambil referensi dari buku-buku Inspirasi Nama Religius yang sudah merangkum dengan praktis semua nama dan sebutan dari Kitab Suci ini. Tentunya disertai dengan maknanya. Atau kalau mau lebih valid, Anda juga bisa berkonsultasi dengan tokoh agama yang Anda segani.
  • Orangtua. Orangtua kita adalah salah satu sumber otentik untuk menggali nama-nama tradisional yang berasal dari akar budaya. Mintalah, maka dengan senang hati, beliau ini akan memberikan sarannya.
  • Nama Dari Pengalaman Pribadi. Jangan sepelekan ide yang muncul dari pengalaman pribadi Anda terdahulu. Misalnya, nama orang yang pernah ditemui, daerah yang pernah Anda datangi, istilah yang berkesan, atau bahkan nama perusahaan atau negara yang pernah Anda datangi, dan segudang pengalaman Anda pribadi lainnya. Namun harap diingat ya, jangan sampai nama tersebut kontra dengan pasangan Anda atau menyinggung masa lalu yang tidak nyaman dibicarakan. Diskusikan dan utarakan pendapat Anda dalam mengungkapkan ide ini.

Sebaiknya dalam memberikan nama, Anda harus mempertimbangkan 2 hal. Pertama: tidak akan membuat sang anak sulit menyebutkannya atau bahkan nama itu terlalu panjang untuk dituliskan. Sayang kan, sudah bagus Anda rancang nama tersebut, tapi akhirnya si anak atau bahkan Anda sendiri, hanya menuliskan nama tersebut ke dalam singkatan. Karena terlalu panjangnya. Perlu juga mempertimbangkan agar orang sekitarnya tidak sulit menyebutkan nama tersebut.

Dan yang Kedua adalah: rancanglah nama jauh-jauh hari sebelum kelahiran. Ini agar Anda tidak gugup dan terburu-buru saat anak lahir. Kuatirnya nama tersebut tidak maksimal memuaskan Anda dan pasangan. Dan akhirnya menyesal karena nama tersebut kurang pas.

Happy hunting nama, Dear Parents!

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: