9 Kebiasaan Penyebab Keriput Wajah, Wajib Baca !

premature aging

Keriput adalah identik dengan usia. Semakin tua usia, maka keriput menjadi kondisi yang wajar terjadi pada setiap orang. Namun apa jadinya jika ternyata keriput menimpa wanita di usia yang masih muda? Ini memang sudah banyak terjadi. Nah, ulasan berikut ini wajib Anda simak. Yaitu kebiasaan buruk yang menyebabkan keriput pada wajah.

Keriput adalah kondisi di mana kulit sudah berkurang elastisitasnya, sehingga menimbulkan lipatan-lipatan di permukaannya. Hal ini terjadi oleh karena penuaan usia fisik atau juga akibat kebiasaan yang tidak sehat. Ada orang yang tua fisik karena usia yang memang sudah lanjut. Namun ada pula orang muda jaman sekarang yang mengalami tua fisik karena sel-sel tubuhnya tidak teregenerasi dengan sehat akibat pola hidup, padahal usia fisiknya masih muda. Jika Anda termasuk dalam kategori yang kedua ini, maka ini saatnya membedah pola hidup. Akibatnya, yang dialami oleh orang muda, salah satunya adalah keriput. Dan buat wanita, ini jelas menjadi gangguan serius!

Ada 9 kebiasaan buruk harian yang menyebabkan keriput wajah. Ini dia:

  1. Merokok. Merokok bukanlah kebiasaan kaum laki-laki saja. Banyak para wanita bekerja, ibu rumah tangga, hingga pelajar dan mahasiswi yang merokok. Asap rokok panas yang menerpa wajah plus dengan nikotin beserta ribuan racun lainnya yang bersarang di pori-pori wajah dan juga dalam aliran darah, sangat ampuh menyebabkan kulit rusak, kusam, kering, dan bahkan keriput. Tidak usah menunggu hingga usia 50 tahun untuk keriput jika Anda punya kebiasaan merokok. Maka HINDARI dan BUANG ROKOK jika Anda ingin cantik menawan ya.
  2. Gula dan karbohidrat. Kadar gula berlebihan dalam makanan dan minuman, serta karbohidrat yang tinggi akan menyebabkan kulit berkurang elastisitasnya. Gula yang tinggi dalam darah akan menimbulkan kadar insulin tubuh meningkat dan terjadi inflamasi. Inflamasi ini akan merusak kolagen dan elastin yang akhirnya berdampak pada keriput. Atur pola makan yang sehat dengan gula nol kalori dan batasi konsumsi karbohidrat.
  3. Minum Alkohol. Minuman beralkohol akan mendehidrasi (mengeringkan kadar air) kulit dan merusak kadar vitamin A dalam tubuh. Dan ini juga menyebabkan produksi kolagen yang turun drastis dan akan menimbulkan keriput.
  4. Makan permen karet. Ada yang berpendapat mengunyah permen karet merupakan olahraga bagi rahang dan menyehatkan saraf wajah. Namun kenyataannya terlalu sering mengunyah permen karet justru menimbulkan keriput di mulut bagian bawah. Bahkan kebiasaan ini juga beresiko menimbulkan perubahan di struktur bagian mulut.
  5. Malas membersihkan make up sebelum tidur. Mungkin karena lelah atau kurang sensitif terhadap perawatan wajah, maka sebagian wanita melupakan bersih-bersih wajah sebelum pergi tidur. Dan ini dampaknya besar. Dapat menghambat produksi kolagen dan akhirnya timbul keriput. Kulit menua akibat pori-pori yang tidak sehat.
  6. Memencet jerawat di wajah. Aksi pencet jerawat memang jurus cepat untuk menghalau jerawat di wajah. Namun, kulit yang dipaksa pecah ini akhirnya justru rusak elastisitasnya dan timbul bekas hitam atau bahkan bopeng. Untuk menghilangkan atau memecah jerawat maka yang perlu dilakukan adalah dengan memakai produk perawatan yang akan memecahkan jerawat dengan lebih aman dan lembut.
  7. Merenggangkan wajah saat make up. Ketika memakai make up, hal yang sering dilakukan wanita adalah merenggangkan (stretching) atau menarik kulit wajah untuk menempelkan make up-nya. Misalnya saat memakai alis atau eyeliner ataupun lipstik.
  8. Tidak memakai Sun Screen atau Anti UV pada wajah. Paparan sinar matahari berdampak pada rusaknya kolagen dan elastin. Dan ini menyebabkan kulit keriput. Memakai Sun Screen atau Anti UV dengan kandungan SPF 30 sangat membantu melindungi kulit wajah.
  9. Tidur tengkurap atau memakai bantal yang keras. Bantal yang keras dan posisi tidur yang mendekap bantal, atau bahkan lebih sering miring dan tengkurap, dapat menyebabkan kulit wajah tertarik atau terlipat sepanjang malam. Maka dari itu, tidur dalam posisi telentang sangat dianjurkan.

Ladies, jangan tua sebelum waktunya ya.

Comments

  1. Artikel bagus, jadi tahu kebiasaan-kebiasan buruk yang dapat menyebabkan keriput. Terimakasih infonya.

    Suka

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: