Tips Memperbanyak ASI

mengapa harus asi

ASI adalah nutrisi sempurna bagi seorang bayi. Selain tidak memiliki efek alergi apapun, Air Susu Ibu juga sangat ampuh untuk meningkatkan tingkat imunitas si bayi. Di samping itu, dengan memaksimalkan ASI, maka Anda juga akan lebih hemat pengeluaran karena tidak perlu membeli Susu Formula. Hanya perlu maksimalkan nutrisi 2 in 1, yaitu maksimalkan gizi sang Ibu dan hasilnya juga akan sempurna nutrisi bagi si bayi.

Namun kesempurnaan manfaat ASI ini bukanlah tanpa kerja keras seorang ibu. Karena agar produksi ASI-nya berkualitas buat pertumbuhan dan perkembangan bayi, maka ada hal-hal penting yang Bunda perlu lakukan setiap harinya. Mari simak menu bijak harian bagi Ibu Menyusui berikut ini:

  1. Minum air putih yang higienis banyak-banyak. Memperbanyak minum berarti juga meningkatkan persediaan cairan tubuh yang akan diproduksi sebagai ASI
  2. Konsumsi sayuran hijau, seperti : bayam, daun katuk, daun kacang tanah, dan daun bangun-bangun. Sayuran tipe ini mampu meningkatkan hormon menyusui, seperti prolaktin dan oksitosin.
  3. Serat, mineral, dan vitamin dari sayuran wortel dan tomat.
  4. Kacang hijau. Dalam bentuk air rebusan kacang hijau, bubur, atau dibuat sebagai jus. Vitamin B Kompleks yang komplit dari kacang hijau juga mampu meningkatkan produksi ASI.
  5. Susu. Bisa susu sapi segar, susu formula untuk ibu menyusui, atau susu kacang kedelai. Dan juga keju. Kandungan vitamin D, kalsium, zat besi, dan mineral lainnya sungguh baik untuk pertumbuhan bayi dan juga menunjang kekuatan tulang dan mineral si ibu sendiri.
  6. Konsumsi makanan hewani berprotein tinggi untuk menunjang pertumbuhan tubuh dan otak. Seperti daging sapi dan ayam, telur, ati, dan ikan. Dan juga protein nabati seperti kacang-kacangan.
  7. Seimbangkan juga dengan buah-buahan segar. Vitamin A, C, kalium, serta seratnya baik sekali.
  8. Pijat payudara untuk membantu memperlancar dan memacu kelenjar yang memproduksi ASI. Beri minyak kelapa juga pada puting agar selalu lembut.
  9. Hindari makanan berlemak dan pedas, minuman soda dan alkohol.
  10. Jaga pikiran agar jauh dari stress dan bina tubuh dengan aktivitas yang sehat, seperti senam ringan dan olahraga lainnya. Pikiran stress sangat mempengaruhi hormon penghasil ASI.
  11. Jaga pola istirahat yang teratur dan cukup. Tubuh dan pikiran yang segar akan juga menunjang kualitas ASI.

makanan penambah asi

Pada prinsipnya, apa yang seorang ibu makan dan minum, maka itulah yang akan didapat oleh sang bayi. Apa yang dirasakan oleh sang ibu, maka itulah pula yang dirasakan oleh bayi. Ibu sehat maka bayi pun sehat. Harus terus terjaga keseimbangan antara kondisi prima ibu dan bayi.

Pertumbuhan anak dari mulai kehamilan, usia bayi, hingga usia balita adalah masa-masa emas yang penting bagi seorang ibu untuk menginvestasikan gizi yang ideal bagi anak.

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: