Panduan Memilih Notebook Murah dan Bagus

sumber gambar : wiki

sumber gambar : wiki

Memilih sebuah Notebook atau Laptop maupun sebuah Netbook buat sebagian orang terkadang bisa memusingkan. Harus memilih dengan mempertimbangkan dengan bijak dari segi isi dompet Anda dengan sisi spesifikasi Notebook tersebut. Singkatnya, harus murah tapi tetap bagus. Nah, bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini.

Banyak yang mengatakan, harga tidak bisa bohong. Kualitas mengikuti harga. Ini ada benarnya. Lalu bagaimana jika dana Anda tidak banyak? Untuk Anda ketahui, bahwa membeli sebuah Laptop atau komputer sesungguhnya adalah sebuah investasi alat kerja. Jadi Anda harus pandai memilih yang terbaik tetapi tetap terjangkau di dompet. Karena bukan berarti dengan harga yang murah lantas Anda mendapat barang murahan.Anda tetap harus mempertimbangkan beberapa hal, supaya Laptop yang dibeli tidak menjadi usang karena kualitas yang tidak memenuhi perkembangan teknologi dan kebutuhan Anda. Ada beberapa tips panduan memilih Laptop atau Notebook :

1. Pertimbangkan Tujuan Membeli Laptop. Apa kegunaan utamanya buat Anda? Orang membeli sebuah Laptop dengan berbagai alasan :

  • Kebutuhan Pekerjaan/ Studi. Untuk digunakan mengerjakan tugas membuat dokumen, makalah, dan pekerjaan profesional atau yang berkaitan dengan studi lainnya.
  • Games. Beberapa orang khusus mencari Laptop berspesifikasi tinggi untuk tujuan main games ini. Mereka benar-benar peduli dengan prosesor komputer yang cepat.
  • Kebutuhan Akses Internet. Menggunakan Laptop untuk mengakses email, video streaming, media sosial, browsing, dan sebagainya.
  • Media Production. Para profesional di bidang grafis, media film, produksi perekaman musik, dan sejenisnya akan mencari Laptop yang terbaik yang bisa memenuhi tuntutan pekerjaan ini.

2. Pertimbangan Dana. Berapa yang Anda mampu keluarkan? Apakah tepat untuk membeli sebuah Laptop atau Notebook Windows yang harganya rata-rata? Atau pilihan Anda jatuh pada Laptop jenis Mac Book yang harganya relatif lebih tinggi?

3. Jenis OS (Operating System). Di pasaran saat ini populer OS dengan merk Windows, Macintosh, ataupun Linux. Redaksi ArtikelBunda.com menyarankan sebaiknya Anda memilih sebuah Laptop yang sudah memiliki OS yang original. Karena Anda akan mendapatkan layanan keamanan dan kenyamanan yang optimal dari provider OS maupun Antivirus original yang selalu update otomatis. Meskipun sedikit lebih mahal daripada Laptop yang kosong (belum diinstal OS dan aplikasi apapun), namun Anda sudah tidak perlu repot hunting dan instal sendiri OS non-ori dan aplikasi lainnya. Sudah siap pakai. Namun kembali pilihan ada pada Anda.

  • Windows adalah sistem operasi yang umum dan kompatibel dengan semua software.
  • Mac OS adalah sistem operasi khusus untuk Laptop merk Apple Macintosh. Biasa disebut untuk Macbook

4. Model. Tersedia model Netbook yang ringan HP Pro x2 410 G1 - Notebook / Laptop Hybrid Intel Core i5dan kecil, Laptop atau Notebook yang besar namun menyamai fungsi dari komputer desktop (terdapat DVD ROM dan Memori yang lebih besar), atau model Hybrid sebagai model terbaru yang bisa dilepas bagian keyboard-nya sehingga berfungsi sebagai tablet yang full touch screen. Harga berbeda-beda sesuai kapasitas yang masing-masing miliki.

5. Spesifikasi dari Laptop. Pelajari spesifikasi atau teknis kemampuan dari calon Laptop Anda agar tepat guna.

  • Tentukan prosesor yang memenuhi kebutuhan pekerjaan Anda. Tapi pertimbangkan jangan memilih prosesor yang sudah tidak update lagi alias sudah kuno. Prosesor atau CPU yang baik akan menentukan kecepatan Laptop secara optimal yang akan mendukung pekerjaan Anda pula. Jika dulu ada tipe Atom dan Celeron, atau Pentium yang melegenda. Maka saat ini tipe teranyar ada Intel tipe i3, i5, i7, dan i8. Tipe Intel Dual Core dan Quad Core juga masih bisa mengakomodasi dengan baik.
  • RAM (Random Access Memory). RAM ini menyediakan tempat penampungan sementara bagi komputer sehingga mempercepat proses loading data dan program yang sering diakses. RAM yang tinggi menentukan kinerja komputer. 4 sampai 8 GB adalah standar buat sebuah Laptop.
  • HDD (Hard Disk Drive). HDD adalah tempat penyimpanan data yang permanen. Berapa besarnya akan menentukan harga Laptop tersebut. Ada yang 250 GB, 500 GB, dan seterusnya.

6. Garansi dan Layanan Service. Ini penting untuk menjamin Anda bisa klaim bila sewaktu-waktu ada masalah pada Laptop. Layanan Service resmi yang areanya tidak terlalu jauh dari domisili Anda.

7. Test pada saat penerimaan barang. Check fungsi Laptop pada saat serah terima barang dari Sales.

Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang saat ini sedang hunting atau mempertimbangkan mengganti Laptop. Lebih baik bagi Anda membekali diri dengan wawasan di atas agar tidak membingungkan ketika sudah berada di toko komputer dan berkonsultasi dengan si Sales.

———————————————

Referensi Laptop Bagus dan Terjangkau. Siap Antar, COD, dan free ongkos kirim (Wilayah Tertentu). Klik di sini

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: