Tips Membuka Online Shop

online-shopping

Usaha kecil dan menengah, yang juga berawal dari usaha rumahan, memang menjadi salah satu pilar kokoh perekonomian negara kita. Kini trend-nya disebut sebagai industri kreatif. Toko Online atau Online Shop adalah salah satunya. Lalu bagaimana kisahnya sehingga Toko Online saat ini semakin menjamur dan tak jarang mendatangkan kesuksesan luar biasa bagi yang menekuni secara serius?

Toko online sebenarnya adalah sama seperti toko biasa yang berdagang komoditas atau barang tertentu. Namun kemudahan membuka dan terjangkaunya modal awal, membuat usaha ini menjadi alternatif favorit bagi masyarakat yang ingin beralih menjadi wirausahawan atau sekedar untuk mencari tambahan penghasilan keluarga. Dan jangan salah, bahkan pedagang sekelas grosir besar pun juga bisa berbentuk toko online. Apa saja kelebihannya, mari  kita simak di bawah ini :

  1. Tak perlu sewa atau beli kios atau lapak usaha. Ruang usaha bisa menggunakan rumah tinggal. Cukup sediakan ruangan untuk simpan stok barang. Dan bilamana memang cukup, dapat menggunakan ruangan depan sebagai ruang display apabila ada customer yang langsung datang. Dengan menggunakan rumah sendiri sebagai tempat usaha  maka segala biaya operasional akan lebih efisien.
  2. Pemasaran atau penjualan dilakukan via online. Baik melalui internet dan media chatting seperti BBM, WA, dsb. Dengan metode online ini akan mudah menjangkau konsumen di seluruh Indonesia dan bahkan manca negara. Metode online ini tentunya jauh lebih murah ketimbang metode pemasaran offline.
  3. Stok barang tak perlu berlebihan, karena toh pembeli tidak akan selalu melihat toko anda secara fisik. Yang penting anda selalu siap mencari suplai stok secara cepat apabila ada order di luar jumlah stok toko anda. Satu yang harus anda perhatikan adalah kecepatan dalam pelayanan dan pengiriman barang.
  4. Karena dijalankan secara online, maka anda pun tidak terbatas ruang dan waktu. Meski anda harus bepergian ke luar, namun toko online dan ordernya tetap bisa berjalan. Anda tetap bisa memantau dan berjualan melalui internet pada laptop atau gadget atau handphone anda.
  5. Tidak membutuhkan karyawan banyak. Jika toko online anda sudah semakin besar dan tidak sanggup lagi untuk dikelola sendiri, maka barulah bisa dipertimbangkan untuk mencari karyawan. Sehingga anda dapt lebih fokus pada pengembangannya dan operasional ringan  seperti melayani pembeli bisa dilakukan oleh karyawan. Namun jika belum mapan, lebih bijaksana anda kelola secara mandiri dulu, hingga finansial usaha sudah semakin stabil.

Melihat hal-hal di atas tentunya akan membuat anda semakin bersemangat, bukan? Nah sekarang mari kita simak apa saja yang diperlukan bagi pembukaan sebuah toko online. Sebagai berikut :

  1. Pilihlah bidang atau komoditas apa yang hendak dijual.
  2. Fokus pada produk tersebut. Selami dan kupas mendalam plus minus produk itu, sehingga anda tahu luar dalam. Ini pentiing agar anda memiliki passion mendalam terhadap bisnis anda, dengan demikian menjalaninya pun akan lebih semangat.
  3. Setelah tahu produk, bidik sasaran pembelinya. Anda perlu tahu siapa saja yang berpotensi menjadi pembeli atau bahkan bisa berlangganan produk anda.
  4. Survey di mana anda bisa mendapatkan barang-barang tersebut dengan kualitas bagus dan harga yang kompetitif pula. Ini berarti anda harus tahu siapa distributor atau supliernya.
  5. Siapkan media online-nya. Apa sajakah itu ? Anda bisa pilih di bawah ini atau mengoperasikan semuanya sekaligus :
  • Buat website toko online sendiri. Ini bagus untuk branding dan menjual ekslusif secara profesional
  • Buat akun Facebook untuk berjualan. Disarankan agar lebih profesional, buatlah Page. Kemudian beriklan untuk mencari pelanggan. Akun pribadi di FB memang bisa dimanfaatkan untuk berjualan, namun akan terbatas jumlah Friends-nya apabila pelanggan semakin banyak, dan akan membingungkan pelanggan apabila sewaktu-waktu anda ingin membuat status pribadi. Sebaiknya ini dihindari, dan batasi interaksi dengan pelanggan hanya dalam batas bisnis saja.
  • Aktifkan email baru dengan nama toko online anda. Misal : nanana-shop@gmail.com. Ini lebih bagus dan profesional  daripada hanya menggunakan email dengan nama pribadi atau bahkan nama alay, yang akan terlihat tidak pro, misalnya : gugus-oke123@gmail.com.
  • Buat akun di situs portal belanja

Jangan lupa, siapkan alat komunikasi untuk berinteraksi dengan pelanggan. Dianjurkan yang memiliki akses internet, jadi tidak hanya untuk bertelepon dan sms saja, atau bahkan untuk Facebook saja, tapi juga bisa browsing dan terima email.

So, siap untuk memulai?

Banner Gif Glentina 1

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: