Tips Memulai Bisnis Online

memulai bisnis online

Bunda tertarik menjalankan Bisnis Online? Pastinya Bunda harus memiliki website atau blog  untuk memajang produk atau dagangan dan memperkenalkan profil usaha secara detail. Di sinilah Bunda bisa berinteraksi secara ekslusif dengan para prospek atau customer.

Sesuai dengan judulnya, artikel ini bermaksud untuk mengenalkan apa sih itu website dan blog dan bagaimana membuatnya. Mudah dan sederhana kok (“,)

Secara sederhana WEBSITE adalah sebuah kumpulan halaman yang berisikan artikel, berita, gambar, video, file/dokumen yang dipublikasikan lewat jaringan komputer global bernama internet, sehingga mampu menjangkau seluruh orang di seluruh dunia yang memiliki akses internet. Dalam sebuah website, biasanya kadang juga terdapat blog yang berisikan tutorial/tips dan artikel tulisan si pemilik web.

Sementara BLOG adalah singkatan dari web log yang merupakan bentuk aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan / artikel. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Format blog lebih sederhana daripada web. Jadi blog  ini merupakan bagian dari website. Biasanya digunakan oleh para penulis atau bagian dari personal branding.

Oya, rata-rata hampir semua pengusaha online memulai publikasi web itu dengan berawal dari Blog lho.. Jika sudah terbiasa denggan dunia online  dan istilah-istilah teknisnya, maka mereka akan mulai beralih ke website. So pilihan nge-blog atau jadi Blogger ini adalah langkah tepat.

Kini bagaimana membuat website atau blog? Secara sederhana aku akan ceritakan. Oya, pastikan Bunda memiliki email terlebih dulu. (Jika Bunda memiliki smartphone seperti Blackberry, seharusnya sudah punya dong ya. Apalagi kalau sudah punya Facebook. Sebab untuk mendaftar facebook dibutuhkan akun email). Gmail ataupun Yahoo.Keduanya adalah email publik yang sudah familiar dan mudah untuk diingat. Selain gratis, kedua provider ini memiliki kapasitas penyimpanan yang besar.

Berikut cara membuat blog :

  1. Ada 2 pilihan blog yang akan saya bahas :WordPress.com dan Blogspot (Blogger.com). Jika anda ingin membuat blog di Blogspot (Blogger.com), maka anda harus membuat akun email di Gmail.com. Praktisnya lewat 1 akun Gmail ini, Bunda bisa mengakses berbagai produk Google seperti : Gmail, YouTube, Google Drive, Google+, Google’s Site, dan Google Maps. Namun jika Bunda ingin membuat Blog di WordPress.com, maka akun Yahoo.com juga bisa digunakan.
  2. Sudah disiapkan? Kini masuklah ke salah satu alamat website yang sudah disebutkan di atas :http://www.Wordpress.com atauhttp://www.Blogger.com
  3. Pilih Bahasa Indonesia agar memudahkan Bunda mengikuti langkah-langkah pembuatannya.
  4. Pastikan alamat Blog yang Bunda tuliskan, misalnya :http://akuibukreatif.blogspot.com atau http://glentinapasaribu.wordpress.com, apapun yang sesuai dengan keinginan. Misal nama Bunda sendiri sebagai alamat juga boleh. Kan bagian dari personal branding (“,).  Oya, kapan saja alamat ini bisa diganti. Asal jangan keseringan ya, nanti akan menyulitkan orang yang sudah tahu untuk kembali mencari Blog-nya Bunda.
  5. Tuliskan Judul Blog dan Deskripsinya. Misal : Judulnya “Diary Mamanya Kevin” dan Deskripsinya “Sharing Seorang Ibu yang Bekerja di Rumah”
  6. Pilih template atau desain Blog yang Bunda sukai. Ada tersedia puluhan atau ratusan yang tersedia. Pilih yang mewakili kepribadian Bunda atau isi dari Blog tersebut. Misalnya tentang wanita, bisa saja Bunda pilih yangg warna pink, biru, dsb. Atau jika isi Blog tentang olahraga, maka bisa bisa pilih yang tema sporty.
  7. Ikuti semua petunjuknya. Dan Selesai! Cepat tayang dan yangg penting gratis.
  8. Lihat Blog Bunda yang sudah tayang di internet. Dan kini tinggal isi dengan tulisan dan foto-foto deh.
  9. Jangan lupa untuk mempublikasikan Blog Bunda ini ke khalayak ramai ya.  Cantumkan di Facebook atau Twitter, atau di status BBM, What’sApp, Yahoo Messenger, Google Talk, dsb. Jadi semakin banyak yang tau, semakin banyak pula kesempatan Bisnis Bunda untuk berkembang.
  10. Estimasi biaya = Nol alias gratis..tis..

Mudah kan? Sip, sekarang berlanjut ke pembuatan website. Lebih  kompleks daripada Blog. Namun tetap bisa dipelajari kok.

  1. Sekali lagi Email. Yang masih dan harus selalu aktif. Bunda akan berinteraksi dengan dunia melalui email. Walau tak jarang yang lansung PM (personal message) alias lewat chatting. Tapi itu biasanya untuk customer lokal saja. Jika sudah ada customer di luar negeri, maka mereka akan kontak pertama kali melalui email.
  2. Sebelumnya Bunda perlu mengetahui 3 istilah utama dalam membuat website : Desain web (template), Domain, dan Hosting. Desain Web adalah wajah toko atau tempat usaha Bunda. Atau bisa diibaratkan : cat temboknya seperti apa, rak tokonya, meja resepsionis, pengaturan display barang dan buku yang mudah dicari, dsb. Jadi pilihlah desain web yang benar-benar cantik untuk Bunda dan tentunya sudah Bunda perkirakan akan menarik dan efektif buat para pengunjung. Domain adalah nama yang diberikan kepada sebuah website sebagai alamat, sehingga pengunjung dengan mudah dapat menemukan website kita. Hosting adalah sebuah tempat (server) yang disewa untuk menyimpan data-data website kita. Dengan kata lain, sebuah rumah untuk website kita. Di sinilah kita harus “mengontrak” agar website kita bisa tayang online. Ketiga komponen tadi : desain web, domain, dan hosting adalah jasa layanan web yang sudah banyak tersedia. Kita bisa membeli jasa tersebut secara 1 paket atau bisa juga terpisah. Jasa ini juga sifatnya sewa berkala. Ada  yang bayar untuk 6 bulan, setahun, dsb.
  3. Pilihan membuat website banyak ragamnya. Ada dengan program script PHP (Personal Home Page), dengan software seperti Adobe Dream Weaver dan Microsoft Frontpage, dengan CMS (Content Management System) seperti Joomla, WordPress, Drupal, dsb; lalu ada juga dengan program SiteBuilder yang simpel namun dengan kualitas yang oke. Program web itu semua adalah kerangka atau aplikasi dasarnya saja. Pastikan ketika memilih aplikasi website, itu harus mudah untuk Bunda kelola sendiri. Jangan yang terlalu rumit juga. Nanti akibatnya Bunda akan mengeluarkan biaya  lagi untuk sewa orang lain saat mengisi website tersebut. Yang terpenting adalah isi dari web tersebut ya. Nah, jika mengalami kesulitan untuk memilih program di atas, Bunda bisa menggunakan jasa dari seorang profesional.
  4. Jika sudah memilih mana program website-nya, dilanjutkan dengan beli domain atau alamat website. Bisa dengan yang berakhiran .com, .net, .biz, .info, dsb. Khusus dengan akhiran .co.id, Bunda harus merupakan Badan Usaha yang memiliki SIUP, TDP, NPWP, dll. Kalau .org merupakan situs yang dimiliki oleh organisasi yang resmi memiliki akte pendirian, dsb. Catatan : Tidak semua domain tersedia. Bisa saja alamat yang ingin Bunda pakai sudah terpakai oleh orang lain.
  5. Pada tahapan ini Bunda tinggal mengisi website dengan profil usaha
  6. Sama dengan Blog, alamat website Bunda pun juga harus dipublikasikan juga ya.
  7. Estimasi biaya : 500rb – 3 jutaan atau lebih.
  8. Jika sulit membuat website, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan tenaga profesional.

Nah, yang terpenting dari semuanya adalah rawatlah atau maintain website atau blog Bunda agar terus update isinya.
Selamat berbisnis online (“,)
– Red. InfoBundaku.com

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: